Rabu, 25 Maret 2009

MOTOR

Pengertian:

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang ditenagai oleh sebuah mesin. Rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik; pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan setangnya oleh pengendara memberikan kestabilan.Penggunaan motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatip murah, penggunaan bahan bakarnya rendah serta biaya operasionalnya juga sangat rendah. Pada periode lebaran sepeda motor digunakan mudik untuk perjalanan jarak jauh, dari Jakarta sampai ke Jawa Timur, Lampung.Motor di bagi menjadi 2 jenis: 2Tak dan 4Tak
Bagi sebagian orang tidak mengetahui apa itu pengertian 2 tak dan 4 tak ,Hanya saja dapat membedakan jenis motor yang mana 2 tak dan 4 tak ..Yang dapat dikenali dengan mudah yakni dengan melihat gas buang yang dialirkan melalui knalpot setiap motor.
Dimana motor 2 tak untuk gas buangnya berupa asap putih tebal akibat campuran bahan bakar dengan oli samping dan motor 4 tak yang tidak mengeluarkan asap sama sekali pada lubang knalpot karena tidak membutuhkan oli samping sebagai campuran bahan bakarnya.
*Pengertian tentang Tak :
Tak dapat juga disebut dengan slag/stroke/langkah atau gerakan pada zuiger(piston)motor .Artinya: yaitu jarak langkah atau gerakan piston di dalam cylinder mulai dari yang paling atas (rata dengan cylinder blok) sampai dengan gerakan yang paling bawah.
Batas gerakan piston yang paling atas biasanya disebut dengan titik atas atau disingkat TA.Dan gerakan piston yang paling bawah kita sebut dengan titik bawah disingkat TB.
Langkah yang sangat terbatas itu di sebabkan oleh adanya kruk As (sokar) yang menggerakkan piston.Pergerakan TA sampai TB dan sebaliknya maka gerakan piston itu kita sebut TAK atau SLAG yang putaran kruk As nya sebanyak 180 derajat (1/2 putaran).

* Arti motor 2 Tak :

Arti motor 2 Tak yaitu jenis sepeda motor yang dalam cylindernya mendapatkan 1x pembakaran bahan bakar,Dengan hanya memerlukan gerakan piston sebanyak 2 kali, sedangkan Kruk As berputar satu kali atau 1 lingkaran yakni 360 derajat.
Sedangkan untuk jenis ini biasanya mesin motor menggunakan oli samping sebagai campuran bahan bakar.
* Tanda-tanda motor 2 Tak :

1. Bahan bakarnya selalu di campur dengan oli baik secara langsung ke dalam tangki ataupun terpisah dengan menggunakan box oli samping yang tersambung dengan karburator. Setiap cylindernya tidak memiliki klep, dan sebagai penggantinya adalah zuiger valve atau reed valve maupun rotary valve untuk mengatur masuknya bahan bakar ke dalam ruang cylinder
2. Setiap zuiger (piston) hanya mempunyai 2 buah ring yaitu ring compressi 1 dan 2 .
Memiliki 2 macam compressi yaitu cylinder dan carter Setiap 2 kali gerakan piston terjadi 1 kali pembakaran bahan bakar.
* Arti motor 4 Tak :

Arti motor 4 tak yaitu setiap jenis motor yang dalam setiap cylindernya untuk mendapatkan 1x pembakaran bahan bakar memerlukan 4x gerakan piston dan putaran Kruk As nya sebanyak 2x (720 derajat) yang disertai terbukanya klep masuk dan klep keluar masing-masing sebanyak 1x.
* Tanda-tanda motor 4 Tak :

- Penggunaan murni bahan bakar.
- Cylinder memiliki 2 buah klep yaitu klep masuk dan klep buang.
- Hanya memiliki compressi cylinder.
- Setiap piston memiliki 3 ring piston yang terdiri dari :
1. Ring compressi 1
2. Ring compressi 2
3. Ring oli
- Terdapat rantai camprat pada dalam box mesin yang berhubungan dengan Noken As (Kruk As)untuk menahan gigi persneling atau gerakan roda yang mendadak.
Untuk kendaraan 2 Tak pernah mengalami kejayaannya di tahun 1980 dan mulai meredup di tahun 2000 bel;akangan ini .Banyak alasan kenapa orang kenapa tidak lagi menggunakan motor berjenis 2 Tak salah satunya adalah dibutuhkannya perawatan lebih terhadap jenis motor ini,disamping jenis motor ini yang juga mengkonsumsi oli samping disamping penggunaan bahan bakar.belum lagi polusi udara yang di timbulkan oleh jenis kendaraan ini.
Kelebihan motor jenis 2Tak ini lebih responsive dibandingkan dengan 4Tak yang dapat dilihat dari penggunaan ruang cylinder .Sehingga banyak sebagian orang yang sampai sekarang terus meminati jenis motor 2 tak.Tak heran jika sebagian varian jenis kendaraan 2 tak ini juga turut disalahgunakan untuk tindakan kejahatan criminal.karena compressi tenaga yang dihasilkannya.
Dampak positif

* Motor jenis 4Tak adalah:
- Ramah lingkungan
- Hemat bahan bakar
- Hemat biaya
- Suara lebih halus
- Sistem pendinginan mesin sempurna

* Motor jenis 2Tak adalah:
- Motor lebih bertenaga
- Jika oli mesin sudah berwarna kehitam-hitaman tidak berpengaruh pada komponen-komponen mesin
- Tanpa mekanisme katub

Dampak Negatif

* Motor jenis 4Tak adalah:
- Jika oli mesin sudah berwarna kehitam-hitaman bisa merusak komponen-komponen mesin

* Motor jenis 2Tak adalah:
- Suara kasarBoros bahan bakar
Polusi
- Sistem pendinginan mesin tidak sempurna

Solusi
* Motor jenis 4Tak adalah:
- Gantilah oli mesin anda dengan rutin (1 bulan sekali)
- Service motor anda di dealer motor resmi

* Motor jenis 2Tak adalah:
- Gunakan bahan bakar tanpa timbal (Pertamax plus)
- Gunakan oli samping yang berkualitas (Shell, motul, dll)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda